Sabtu, 12 April 2014

Makna Logo UNU Kalbar



 

Makna Logo UNU Kalbar  sebagai berikut:
a.       Segi Lima yang melambangkan rukun Islam dan dikelilingi garis berwarna hitam yang juga bermakna kemauan kuat untuk tetap menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Pancasisla sebagai Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.
b.       Dasar Warna Hijau tua pada segi lima melambangkan keteduhan, mengayomi, kemasyalahatan bagi lingkungan kehidupan, dan tekad untuk mencerahkan diri secara nyata dan berkelanjutan.  
c.       Bentuk bunga teratai berjumlah lima yang melingkar dan berwarna biru laut yang merupakan samudera Indonesia, laut-laut yang menghubungkan semua wilayah NKRI yang melambangkan kemekaran, keindahan dan keharuman nilai-nilai Qur’ani dalam wadah Negara berdasarkan Pancasila serta keingintahuan, semangat intelektualitas, yang selalu memberikan pencerahan pada semua manusia, termasuk makluk hidup lainnya.
d.       Empat Gelombang Samudera-Samudera Indonesia yang berwarna hitam dan biru yang melambangkan kerinduan dan tekad untuk terus menerus menebarkan dan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
e.       Buku berwarna putih sebagai dasar, melambangkan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalimantan Barat sebagai wadah menuangkan gagasan-gagasan yang menunjukkan kecerdasan otak, kelembutan hati, dan keterampilan tangan, cerdas otaknya, lembut hatinya, dan terampil tangannya.
f.        Logo NU di atas buku warna putih melambangkan kesungguhan dan kehati-hatian serta bertanggungjawab dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi serta mengamalkan ilmu. 
g.       Sembilan bintang merupakan bintang NU, PERGUNU dan ISNU berwarna kuning melambangkan pencerahan jiwa dan raga secara seimbang, serta kesahajaan dalam semangat.
h.       Tulisan berwarna biru tua melambangkan semangat belajar dan keingintahuan.
i.         Empat belas (14) rantai berwarna hitam melambangkan persatuan dan kesatuan dari empat belas (14) kabupatan/kota di Kalimantan Barat, serta bahu membahu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar